Kesehatan

Berhenti Merokok Timeline

Berhenti Merokok Timeline

Ada banyak manfaat untuk berhenti merokok. Dalam waktu dua puluh menit setelah berhenti merokok, tubuh bereaksi dan kembali seperti sebelum rokok. Melalui penggunaan garis waktu berhenti merokok yang mudah, mudah untuk melihat apa yang terjadi ketika Anda berhenti merokok.

Beberapa Hari Pertama

Dalam menit pertama meneteskan rokok, tekanan darah seseorang kembali normal, begitu juga detak jantung mereka. Suhu tubuh di tangan dan kaki kembali ke kisaran normal. Dalam waktu delapan jam pada waktu berhenti merokok, kadar karbon monoksida turun dalam darah dan oksigen naik kembali ke normal. Kemungkinan serangan jantung turun dalam hari pertama, dan pada hari kedua, indera perasa dan bau telah meningkat dan ujung saraf mulai tumbuh kembali. Dalam tujuh puluh dua jam pada waktu berhenti merokok, tubuh adalah 100% nikotin gratis dan kebanyakan metabolit yang disebabkan nikotin akan dibersihkan dari tubuh melalui urin.

Dua Minggu hingga Tiga Bulan

Pada titik ini pada waktu berhenti merokok, sirkulasi darah meningkat. Risiko serangan jantung menurun dan berjalan menjadi lebih mudah. Pada saat inilah proses penarikan dilakukan, yang menyebabkan efek samping merokok seperti iritabilitas, depresi, dan kelesuan. Sebagian besar gejala ini jatuh sekitar minggu keempat dari garis waktu berhenti merokok, yaitu ketika 60% orang yang berhenti merokok mengklaim bahwa mereka sangat menderita akibat penarikan.

Empat hingga Sembilan Bulan

Selama waktu berhenti merokok ini, pernapasan menjadi lebih mudah, karena silia telah mulai tumbuh kembali di paru-paru meningkatkan fungsi paru-paru. Manfaat berhenti merokok yang dialami orang yang berhenti merokok adalah dorongan energi selama periode ini, yang sebagian disebabkan oleh peningkatan kemampuan paru-paru untuk menyapu infeksi dan lendir.

Satu hingga Lima Tahun

Pada akhir tahun pertama dari garis waktu berhenti merokok, orang yang berhenti merokok telah menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke telah menurun hampir sama dengan seorang perokok. Setelah lima tahun pada garis waktu berhenti merokok, jumlah itu menurun lebih banyak lagi: risiko seorang yang mudah menyerah mengalami stroke selama waktu ini sama dengan orang yang tidak merokok. Ini disebabkan oleh peningkatan jumlah oksigen dalam tubuh, yang memperlebar pembuluh darah dan mengurangi stres pada tubuh.

Sepuluh hingga Lima Belas Tahun

Antara tahun-tahun ini di garis waktu berhenti merokok, risiko terkena kanker paru-paru adalah sekitar 30% kurang dari perokok terus menerus. Risiko kanker mulut, kerongkongan, dan tenggorokan juga berkurang, meskipun setengah dari seorang perokok. Pada akhir tahun kesepuluh, kanker tubuh lainnya berkurang risikonya, juga, serta ancaman penyakit jantung koroner. Setelah tiga belas tahun, risiko kehilangan gigi yang diinduksi merokok berada pada tingkat yang sama dengan non-perokok.

Efek merokok pada tubuh manusia sangat merusak tetapi dengan pola pikir dan dedikasi yang benar, adalah mungkin untuk berhenti. Manfaat dari berhenti merokok berarti tubuh mengalami proses pembersihan dan pembalikan yang cepat, dari hal-hal sederhana seperti tekanan darah dan denyut nadi, sampai risiko seluruh tubuh kanker telah dibelah dua.